Menabung di bank ! No way !

9 03 2008

Di Excel ada sebuah rumus yang berkode FV, merupakan kependekan dari Future Value (nilai masa depan), yaitu digunakan untuk menghitung sebuah nilai itu akan senilai berapa di masa depan dengan memperhitungkan pertumbuhan anuitas selama masa berjalan tersebut.

Lawan dari FV, adalah PV (Present Value), PV ini menghitung sebuah nilai yang kita prediksikan pada masa datang akan senilai berapa pada masa sekarang.

Kedua rumus tersebut, diajarkan cara kerjanya kalau tidak salah semasa kita masih duduk di bangku SMP, dan jujur pada waktu itu diajarkan saya sema sekali tidak memahami apa manfaat kita mengetahui hal tersebut.

Ketika berbincang-bincang dengan Bunda untuk membahas biaya sekolah putri-putri kami, saya menyadari betul sekolah yang kita incar untuk Arda nanti masuk SD saat ini memiliki uang pangkal 10 juta rupiah, dan 16 bulan dari sekarang saya harus mempersiapkan dana yang senilai sebesar itu untuk 18 bulan kedepan guna keperluan sekolah Arda, hal yang sama pada Asti yang 4 tahun dari sekarang akan masuk TK dimana sekarang Arda menghabiskan 4 Juta rupiah untuk uang pangkalnya, oke, itu baru TK & SD belum SMP, SMA dan kuliah hehehehe, anda pernah memperhitungkan dana pensiun, setelah kita tua nanti dan tidak produktif, dan apabila anda tidak ingin menyusahkan putra-putri nantinya, maka harus ada dana pensiun yang kita miliki yan sanggup untuk memenuhi kebutuhan kita nantinya, dan sekali lagi disini nilai yang harus kita pikirkan bukanlah berapa nilai sekarang-nya, tapi nilai nantinya πŸ™‚

Nah, disinilah fungsi FV dan PV mengambil alih, kita ambil contoh sekarang biaya TK Asti 4 tahun lagi, dengan asumsi uang pangkalnya sama dengan uang pangkal TK Arda 4 juta rupiah dan suku bunga inflasi per bulan adalah 1% maka 4 tahun (4 bulan) dari sekarang uang pangkal itu akan menjadi PV(1%, 48,  0, 4jt) dan itu adalah sebesar 6.5 juta rupiah. Nah coba dengan yang lain, dana pensiun misal, anggaplah biaya hidup kita saat ini sebesar 2 juta rupiah, untuk 35 tahun kedepan dengan inflasi 1% per bulan itu akan menjadi 130 juta rupiah … woowwwww, saya sendiri pernah melakukan checklist semua kebutuhan keluarga saya sampai 40 tahun ke depan ….. dan …. biaya yang saya perlukan hingga 40 tahun kedepan mencapai 12 milyar rupiah, whaarahkadah

Lalu apa hubungannya dengan menabung, walah setelah sekian panjang baru ke inti masalahnya hehehehe, ya menabung di bank saat ini sebenarnya adalah sebuah penipuan masal, bank hanya memberikan bunga kurang dari 8% p.a untuk deposito bahkan untuk yang tabungan biasa bisa mendapat 4% itu sudah sebuah hal yang luar biasa, sementara inflasi sendiri ternyata selalu lebih besar dari 8% per tahun.Itu artinya, setelah sekian tahun menabung, nilai uang anda bukan malah bertambah tapi malah berkurang.

Dan itulah sebabnya saya tidak terlalu berminat untuk menabung di bank πŸ™‚

Iklan

Aksi

Information

14 responses

9 03 2008
Noka

Asuransi pendidikan?
Bukan bermaksud untuk promosi, wong aku gak dibayar kok, saya sendiri sekarang menjadi nasabah asuransi pendidikannya AXA-Mandiri. Asuransi dengan unit-link investasi di reksadana di Schroders atau di Mandiri Investasi dengan tingkat resiko sesuai pilihan kita.

hehehe podho pak, aku juga salah satu penggemar reksadana-ne Schroders πŸ™‚

9 03 2008
Ikatan Alumni SMK Telekomunikasi Malang » Blog Archive » Menabung di bank ! No way !

[…] Read original post at b8189uv blog […]

10 03 2008
wishbeukhti

beli emas dalam bentuk koin (biasanya dikenal dengan dinar), atau emas batangan aja Rip πŸ˜€

tapi ya itu… nyimpennya itu hehehe

beli emas, hm … bisa dipertimbangkan hehehehe, emas batangan, lek iso tuku akeh sih gak popo hehehe, lek sithik diguyu wong-e soale nggak b isa disebut batangan hehehe

10 03 2008
dEekZ_

Lha terus idealnya gimana mas ? πŸ˜€

kalau saya ya tabungan tetap ada mas, umume cuman buat tempat saling transfer dan buffer aja. Selebihnya lebih baik diinvestasikan ke komoditas atau usaha. Kalau misal bingung mau invest apa, pasrahkan aja ke manager investasi koyok tho reksadana, unit link atau yang lain-lain, sekarang banyak kok caranya. Pokok kalau invest kalau saya ya: 1. return harus terukur 2. proses investasi dan penarikan ngga ribet 3. kredible (kalau via manager investasi)

11 03 2008
devie

soal beli emas. pernah dnegar produk bank yang nilainya seperti emas? jadi gini intinya. kita beli di bank amas 5 gram. ntar bank ndak ngasih bunga atau apa disitu, dia cuman nyimpan emas kita. jadi kalo harga emas naek, otomatis kita bisa ngambil/jual emas itu dengan harga baru itu. kalo turun ya resiko. intinya, kit andak nyimpan emas itu secara fisik.

Iya mas Devie, memang ada itu. Saya kebetulan juga seorang trader komoditas, umumnya sih saya trading currency dan oil, tapi broker saya kebetulan juga punya menyediakan komoditas laen semacam logam mulia seperti emas, perak, delele, prinsipnya ya seperti yang mas Devie bilang tadi, kita ngga perlu nyimpen, sudah disimpenkan oleh broker, nah mereka biasanya kasih istilahnya spread, jadi komisi untuk broker/bank yang langsung dikenakan ketika kita membeli komoditas tersebut

btw .. Devie iki mas opo mbak tho ? πŸ˜›

11 03 2008
devie

ada contoh produknya mas?

*)dev saja, tanpa mas atau mbak. tapi biasanya adek saya manggil mas ke saya. πŸ™‚

produk yg paling gampang sih reksadana, tahun kemarin kalau ngga salah reksadana schrodders kasih return 80%/tahun untuk reksadana saham, bandingkan dengan bunga tabungan biasa πŸ™‚

bisa juga ORI, kan ini lagi hangat tuh ORI serie 004, atau kalau berani dan mau belajar ilmunya, trading langsung koyok aku :), aku trading di http://www.northfinance.com

11 03 2008
uwiuw

wah artikel yg berani hahaha pasti banyak orang yang ngak ngerti hitung-hitungannya tapi bagaimana lagi….begitulah kenyataannya πŸ˜€

sy juga lagi nyitung berapa sebaiknya pendapat sy perbulan sama dengan gaji pegawai setingkat manajer + uang pesangonnya di banding sy sebagai web designer hahaha semoga tidak terlalu jauh πŸ˜€

11 03 2008
Tico

walah jaman sekarang masih ada yang ga berminat buat nabung di bank ya???
busett ketinggalan jaman mas.

bank tuh sangat berguna bwat:
1. tempat persinggahan sementara uang kita.
2. bayar macem2 tagihan. jaman gini bayar tagihan masi datang ke tempat? waduhhh… cukkup lewat bank. sms banking, online banking.
3. uang darurat.
4. dll.

btw gw stuju juga bank bukan buat tabungan masa depan.
tabungan masa depan mending an investasi macem2.

Saya juga masih ada tabungan kok mas, tp ya cuma buat transfer**-an saja. Konteks saya dipost ini adalah menabung, dan menabung identik dengan menyimpan uang untuk jangka waktu lama dengan tujuan finansial tertentu, kalau hanya numpang lewat bukan nabung namanya πŸ™‚ itu kalau pendapat saya lho ya

12 03 2008
wishbeukhti

Rip, boleh dibahas nggak, faktor apa yg menyebabkan pilihanmu jatuh pada http://www.northfinance.com untuk melakukan trading?

soalnya aku liat alamatnya ada di luar negeri ya?
padahal di indonesia sendiri yg bisa trading online ada banyak juga, seperti http://www.poems.co.id atau http://www.etradinggallery.com/ dsb

apakah ada pertimbangan khusus?
aku masih baru soal ini nih…
thanks for the sharing…

NorthFinance itu untuk trading currency dan komoditas (CPO, Oil, beans, delele) bu, kalau trading saham saya pake Trimegah, tapi trading saham lebih jarang dilakukan karena untuk saham saya tradinge jangka panjang (bisa hold posisi sampe berbulan-bulan, iki malah ono sing wis tak hold sampe 15bulan). Kalau currency dan komoditas jangka pendek trading-e.

Kenapa di NorthFinance:

1. Untuk trading currency dan komoditas di Indonesia belum terlalu umum, regulatornya sendiri belum sekuat BEI
2. Broker currency/commodity di Indonesia umumnya adalah juga kepanjangan tangan dari broker luar negeri
3. NorthFinance memiliki kredibilitas yang sangat bagus
4. Proses deposit dan withdrawal yang menurutku cepat dan efektif

13 03 2008
Eka

hehehe….
kalo aku sih tetep nyimpen di bank, itung2 numpang amanin harta… πŸ˜€

17 03 2008
catatanlasya

Betul bos, uang saya di Bank malah habis, bunga yang dibayarkan tidak sebanyak biaya administrasinya yang Rp. 9000,- Bangkrut untuk orang kecil kayak saya

2 04 2008
takuma

wah maz rip pake’ tri megah… fiuh…

kalaw bwat yang dananya blum berpuluh2 gmn solusinya maz…

btw mohon pencerahanx… soal saham y maz…

lewat chat gtoe… πŸ™‚

chat, boleh :), dimana ya ? dulu pernah punya akun gmail tapi lupa password dan remindernya hehehehe, kalau ada yahoo bisa Y!M saya di ariefdyh@yahoo.com πŸ˜€

regard
takuma

22 07 2008
aprillins

mari borong emas sumatra..hueheuheu
from http://blog.aprillins.com yes this is aprillins aprillins aprillins!

8 03 2009
Lalu R Mulyawarman

aku tetap nabung dibank u cadangan yang tdk terduga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: