Phatz Girl, cara beda melihat kecantikan

7 03 2008

Setelah menunggu hasil reading Non-farm payroll (NFP) US di CNBC, kok mata ini ngga bisa diajak bobo ya. Stok mie dah abis dan tadi lupa untuk beli (and I don’t think Bunda will give me money to do so hehehehe), akhirnya cethak-cethek remote nyari acara TV. Di Star Movie, ada sebuah film berjudul “Phatz Girl” dan tertarik untuk mengikutinya.

Film ini menceritakan tentang fenomena seorang afrika melihat kecantikan dari sisi yang berbeda dari sebuah konsensus yang seolah dibuat untuk itu. Menurut sang Afrika, cantik adalah berkulit hitam dan berisi/gemuk. Semula saya cukup tertawa mendapati pendapat sang Afrika, tapi kemudian saya mulai bisa merasakan apa yang coba disiratkan oleh alur film ini.

“Why you are trying so hard to become beauty as other people think, for me your already beauty” tanya sang Afrika pada kekasih gelap (cause she is black) dan gemuknya “Cause I’m live here, and they not consider me as beauty” jawab sang kekasih. Dari dialog tersebut dapat kita lihat bagaimana sebenarnya kita lebih memperhatikan apa yang orang lain pikirkan, eventough they were actually no one for us, tapi kita sama sekali tidak concern tentang bagaimana pendapat dari orang-orang yang dekat dengan kita, yang memperhatikan kita.

Dalam suatu episode Oprah Winfrey, ditampilkan sebuah video (linknya ada di youtube, sayang saya lupa), menunjukkan sekelompok anak kecil disuruh memilih diantara 2 boneka, hitam dan putih, mereka kemudian ditanya, dan kebanyakan dialog terjadi sebagai berikut:

interviewer (i): hi, mana menurut kamu boneka yang cantik ?
anak (a): yang ini (sambil menunjuk boneka putih)
i: kenapa yang ini ?
a: karena dia putih dan yang jelek itu hitam
i: kamu sendiri mirip seperti yang mana ?
a: hitam (sambil tertunduk sedih)

Video itu kemudian sempat menjadi salah satu video paling laris dilihat di YouTube. Dan sekali lagi disana menggambarkan bagaimana sebuah konsep tentang kecantikan yang ditasbihkan menjadi sebuah ironi oleh bahkan anak kecil dengan spesifik ras tertentu.

Cantik, dalam definisi dunia, adalah tinggi, berkulit putih, berambut lurus dan pirang, dan itu digambarkan dalam begitu banyak bentuk, barbie, fairy tales semacam Cinderella, Rapunzel, Beauty and the beast, Sleeping beauty, you name it lah …..

Percaya atau tidak, coba anda cari boneka berkulit hitam, berambut kriting dan bertubuh gemuk, mungkin akan sangat susah anda mencarinya. Hal sama pada majalah-majalah mode, sangat jarang akan ditampilkan baju-baju untuk perempuan bertubuh besar …. kalaupun ada …. umumnya adalah baju untuk orang hamil dengan model cantik yang sedang hamil (they were thin and pretty before, and they will still have the charm even on pregnancy)

So, whoever you are, disregard what world tell you about what is pretty ? Bare in mind, on very first place GOD has create you pretty

Suatu malam, istri saya berdandan, dan saya bertanya “ngapain malam-malam gini dandan ?” … “karena bunda dandan buat ayah, bukan untuk yang lain”


Aksi

Information

4 responses

7 03 2008
7 03 2008
runia

Alhamdulillah saya gak gtu² amat..
Enak opo anane.. aman nyaman.. sing penting kan bersyukur, ya to? ^_^
Btw.. seneng yo mas punya istri soleh gtu…😉

salam kenal mas.. /me angk. 8

7 03 2008
runia

ralat mass solehahhhhhh maksudku… huehuehue…

hehehe Alhamdulillah diralat, moso aku rabi karo cowok hehehehe iso duwe anak 2 pisan, wah yek opo ceritane iku hehehe

10 03 2008
pinkina

Alhamdulillah aku jg gak gitu2 amat.
Aku iki ireng tapi lak sing penting manis tah :)) huahahahaha
soale kan ganok sing jenenge putih manis :p kecuali susu kental manis😀 betul tidak ???
/*narsis mode : ON

aku putih manis, tha ngganteng yo ? kethoke sih manis, soale durung tau ono sing ngomong ganteng, tapi tak pikir maneh yo ngga ono sing ngomong aku manis juga hehehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: