Palm 750v, review generasi pertama Palm device berbasis Windows Mobile

10 02 2008

Akhirnya setelah 3.5 tahun menggunakan Sony Ericsson K700i, nampaknya gadget tersebut harus segera dipensiunkan, mengingat teknologi yang sudah cukup ketinggalan zaman, keypad yang sudah mulai kurang responsif dan gurat-gurat pada body handphone akibat sering saya putar-putar di meja kalau lagi meeting🙂

Setelah searching di internet, dan mengingat budget yang diperbolehkan oleh menteri keuangan keluarga, maka pada hari Sin Chia kemarin, saya dan keluarga berburu Palm Treo 750v di Ratu Plaza, bilangan Sudirman Jakarta. Dengan harga akhir 4.7 juta, Palm Treo 750v bisa dibawa pulang dari C-Palm Store Lt 3 Ratu Plaza. Paket yang didapat adalah standard Palm (Device, universal charger adapter, manual, CD, kabel data dan earphone) plus gratis anti gores dan 1 GB mSD memori card

Hardware

Hal pertama yang saya dapat dari device ini adalah, wow … its so blackberry, dengan layar lebar dan keypad QWERTY pada bagian atas dgn proporsi 60:40, wis pokok blackberry abizz deh. Berbeda dengan PDAPhone lainnya, T-750v dilengkapi dengan 5-way navigation key dan tambahan 6 tombol spesial yang bisa kita atur untuk memudahkan kita mengatur fungsi-fungsi yang aka dipakai nantinya dalam mengoperasikan T-750v. Keyboard QWERTY yang disediakan juga terkesan mengikuti gaya BlackBerry dengan bentuk tanpa siku membentuk efek elegan pada device baru ini, meskipun agak susah pada awalnya, tapi cukup mengejutkan, keyboard ini cukup mudah digunakan.

Teknologi infra red juga ditambahkan pada sisi kanan device plus tambahan slot untuk mini SD card. Pada sisi kiri terdapat tombol pengatur suara dan sebuah tombol yang juga bisa diprogram fungsinya. Sisi atas terdapat quick switch untuk menonaktifkan suara, cukup berguna apabila kita sering meeting dadakan dan ketika ada di musholla/masjid🙂. Sebuah kamera 1.3 Mega Pixel dipasang dengan elegan pada bagian belakang kamera, berdampingan mini speaker dan logo Vodafone pada bagian bawahnya.

Terkesan kokoh dengan bahan bertekstur dove, tidak membuat Palm Treo 750v susah untuk dibongkar casingnya, cukup dengan menekan tombol pada bagian bawah sisi belakang dan menggeser tutup ke atas, casing akan terbuka, dimana bisa didapati batere Lithium Ion dan slot untuk kartu GSM.

Bluetooh yang disertakan sebagai fitur Treo 750v masih versi 1.2, juga kenyataan tidak adanya front camera, HSDPA dan fasilitas Wifi mengingat device ini adalah 3G-device mungkin menjadi beberapa hal yang perlu disayangkan.

Software

Palm Treo 750v berbasis pada Windows Mobile 5.0 sebagai operating systemnya, tapi Palm menyediakan download resmi untuk upgrade ke Windows Mobile 6.0. Aplikasi yang disertakan masih standard yaitu Mobile Office 2002, Media Player Mobile, PDF Viewer dan ActiveSync 4.2. Palm juga memberikan beberapa sentuhan pada  device ini, seperti:

  • Quick call dari layar depan, today section 
  • Chat sms, menampilkan thread sms dari seseorang dalam bentuk chat, love this feature so much
  • Call by image
  • Call holding
  • Java ready
  • GPS ready

Sayangnya, fasilitas user define multi profile yang ada pada handphone konvensional tidak diadopsi oleh Palm, meskipun gadget ini free to customize semua tone-nya hanya saja tidak bisa disimpan dan dipanggil lagi kemudian apabila diperlukan, well atau mungkin saya yang belum ketemu caranya🙂

Konektifitas

Kualitas penerimaan Treo 750v secara rata-rata cukup bagus, di daerah Cimanggis, Depok dengan menggunakan XL saya mendapatkan penerimaan antara 2-4 bar.

Untuk dukungan nirkabel, modem 3G/UTMS (hiks … no HSDPA) sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan koneksi kita, tapi apabila ternyata kita memerlukan layar yang lebih lega seperti PC atau Laptop, kita bisa tinggal menghubungkan Treo dengan workstation kita dan menggunakan fasilitas modem link untuk menjadikan Treo sebagai modem. Ada 3 cara konetifitas yang bisa kita pakai antara Treo dengan PC/Laptop yaitu USB, IrDa dan tentunya bluetooth (meskipun sayangnya masih versi 1.2).

Sampai saat tulisan ini di-rilis saya masih mengalami sedikit kesulitan dalam melakukan siknronisasi antara Treo 750v dengan Windows XP SP2 di Lenovo Y400 saya via Bluetooth, mungkin ada yang bisa bantu ?


Aksi

Information

One response

6 04 2012
iwendaffa

Yang punya saya casingnya lengket. Kenapa ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: