Bush, sebuah strategi barukah ?

13 01 2008

Dalam agenda kunjungannya ke Timur Tengah, Presiden USA menjelang kelengserannya, mengusung tema baru yaitu perdamaian Israel dan Palestina, banyak pihak yang bertanya, kenapa baru sekarang ?😛 Sebetulnya banyak kemungkinan hal yang menyebabkan kenapa orang nomor wahid di USA tersebut gethol sekali mengusung isu tersebut selain juga tentunya isu untuk semakin memojokkan Iran sebagai salah satu negara baru teroris dunia. Wallahu-alam.

Konflik Israel – Palestina memang telah menjadi masalah dunia sejak puluhan tahun yang lalu, bahkan dalam kitab-kitab suci pun, disebutkan pertikaian antara dua bangsa tersebut memang telah terjadi pada jaman kenabian. Palestina, sebagai sebuah bentuk negara berbasis pada Islam, tentunya menarik simpati negara-negara Islam dunia, namun sayangnya sedikit sekali yang bisa disumbangkan oleh negara-negara tersebut kepada kebebasan Palestina, tuntutan demokrasi, demo ke kedutaan besar USA/Israel, dan lain-lain sama sekali tidak bisa menghentikan Israel dan dukungan kroninya-USA untuk semakin memborbardir Israel. Justru, negara seperti Iran dan Syiria yang juga terpuruk secara ekonomi yang secara riil memberi support kepada Palestina.

Negara-negara “Islam” kaya baru menunjukkan keseriusan untuk membela Palestina lebih ketika mereka merasa perlu untuk mendapat perhatian dunia, tengoklah satu dekade yang lalu ketika isu bisnis haji akan di-koordinir oleh OKI karena merasa Haji adalah urusan umat Islam sedunia dan bukan hanya menjadi profit center Arab, Negara “Minyak” itupun segera melakukan aneka lobi ke dunia Islam untuk tetap mempertahankan bisnis haji ada dalam genggaman  mereka, dan salah satunya adalah menentang secara lantang aksi-aksi Israel terhadap Palestina. Usaha ini berhasil, Haji kembali ke tangan Arab, dan urusan Israel-Palestina pun sedikit-sedikit kembali terlupakan.

Hm … lalu apa hubungannya ini dengan tindakan Bush, banyak hal seperti saya bilang ? bisa jadi untuk mendapat dukungan dunia terhadap kandidat republik nantinya di kancah perpresidenan USA, atau berhubungan dengan isu yang satunya, Iran, ya Iran, sangat kentara USA begitu gethol untuk menguasai Iran (dan mungkin berikutnya Syiria serta Libanon). Setelah isu Nuklir dimentahkan oleh NIE, propaganda sering dilakukan USA untuk menunjuk negara penerus Ali tersebut sebagai salah satu pusat kekuatan teroris dunia, yang paling hangat adalah propaganda penyerangan jet-jet laut Iran terhadap kapal perang USA di perairan internasional Timur Tengah, namun propaganda tersebut dengan mudah ditampik oleh Iran setelah sejumlah bukti yang menurut saya cukup otentik bahkan oleh orang awam sekalipun.

Semakin tangguhnya Iran juga menjadi salah satu pertimbangan USA. Diakui atau tidak diakui, saat ini Iran memiliki kekuatan baik itu secara militer maupun politik yang semakin disegani, baik itu oleh kawasan Timur Tengah ataupun dunia. Pesona Ahmadinejad yang sederhana, kemampuan berpikirnya dalam mengelola negara yang diembargo sekian lama dan justru membangkitkan kemampuan berinovasi negara ini, seoalh membuat sindrom yang ditiupkan Bush kepada kroni-kroninya tak berarti. Lihat saja, bagaimana Arab melunak ketika Ahmadinejad dipermudah dalam melakukan urusan Haji-nya, juga ketika dia diundang dalam Konferenti Tingkat Tinggi Kerjasama Teluk, dimana sebelumnya belum pernah ada sejarah pemimpin Iran diperkenankan masuk kedalam konferensi tersebut.

Bush dan kekuatannya, mungkin, secara militer mampu meluluhlantakan Iran seperti yang terjadi pada Irak, tapi dengan kondisi dimana Iran didukung oleh Timur Tengah dan dunia, menyerang Iran tidaklah semudah ketika Invasi Irak dilakukan, dimana semua dunia tahu Saddam Hussein memang adalah seorang diktator kejam. Dan pada saat itulah, simpati dunia harus dialihkan ……

Hm … perang kok hobi😦


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: