Installasi MS Dynamics CRM 4.0, Titan, bagian I

11 01 2008

Hm … dirilisnya Dynamics CRM 4.0, benar-benar membuat saya penasaran. Bagaimana user interfacenya ? fungsionalnya ? kemudahan pengembanggannya ? dan juga yang tidak kalah pentingnya adalah perkembangan performance -nya ?  Semalam saya sempatkan untuk kembali browsing ke Microsoft website dan mendownload Windows Server 2003 Service Pack 2, secara Titan membutuhkan Windows Server 2003 any edition dengan service pack 2 terinstall.

Badha sholat shubuh, ritual penginstallan pun saya jalankan, installasi saya lakukan di Lenovo Y400 Centrino Duo 1.8Mhz dengan memory 2 Gb, Windows Server 2003 SP2 sendiri saya install pada VMware 5.0 dengan virtual storage sebesar 20Gb dan 40Gb, memory 1Gb. Software berhubungan yang sudah diinstall di  Virtual server adalah:

  • .Net framework 1.1 dan 2.0
  • Microsoft office 2003 Professional Edition
  • Microsoft SQL Server 2005 Standard Edition SP2 & Reporting service
  • Microsoft Visual Studio 2005 Professional Edition
  • Microsoft CRM 3.0 Professional Edition – Trial version

Oh ya, semuanya pake valid license yang original lho ya, pokok nggak ada yang bajakan deh😛

Oke, kita lanjutkan, proses installasi dijalankan, seperti biasa, product key diminta, umumnya product key ada di CD ketika kita membeli sebuah produk, atau secara elektronik akan dikirim oleh sang vendor, dalam hal ini yaitu Microsoft, tapi berhubung saya download trial version-nya sayapun berasumsi product key bisa dikosongkan, ternyata tidak, tetap product key haris di masukkan, saya pun mulai mengobrak-abrik folder sumber installasi, tapi tetap tidak bisa menemukan, kembali konek ke internet dan ternyata ada di bagian download details MS CRM 4.0, berikut adalah product key yang saya dapatkan dari website Microsoft, please bear in mind, these are valid only for 90 days trial:

MS Dynamics CRM 4.0 Professional : P6MYC-RPKCC-QWWCM-6MTJ3-RT3DY
MS Dynamics CRM 4.0 Enterprise    : QCKXD-BDH8R-G74H8-RDYHX-R4K4T

Setelah mendapat product key, installasi kembali dilanjutkan, tapi terpaksa harus berhenti lagi karena ternyata masih ada beberapa minimal program/libary yang harus saya download dan install yaitu:

  • Microsoft .Net Framework 3.0.4506.30
  • Microsoft Visual C++ Runtime 8.0
  • Microsoft SQL Reporting Service Report Viewer 2.0.50727
  • SQL Native client 9.02047

Walah nginstall aja kok susah ya, apa harus nunggu dirilis di Indo ya dan dapat DVD demonya😛

Oke, tunggu lagi deh kabar berikutnya ….

Selamat menunggu …


Aksi

Information

2 responses

2 04 2008
Sari

Pak Arief, bagaimana kelanjutannya instalasi CRM ini? Saya pernah ikut launchingnya yg versi 3.0 dan waktu itu sudah impressed, tapi berhubung kantor pakai Lotus Notes ya cuma sekedar referensi aja. Sekarang kantor mau pindah ke Exchange dan lagi nyari CRM, jadi teringat MS CRM deh.. cuma penasaran gimana dari sisi teknis (instalasi dst) dan harga (dihitung per user ya?)

Oh ya, ma-af belum sempat buat blognya, Titan jauh lebih improve sih memang dari CRM 3.0, baik itu dari sisi fitur aplikasi maupun fitur kehandalannya. Nanti deh Insya Allah saya sempatkan tulis lagi, capture screenshootnya yg agak males soanya hehehe.

Untuk harga harus beli lic untuk server dulu ditambah license yg dihitung per named user (user yg tercatat di system) bukan CAL seperti umumnya license Microsoft🙂

Thanks – Sari

30 09 2008
chun chun

Halo Rif…
Tidak menyangka setelah saya browsing dengan kata kunci “install dynamic crm 4.0 enterprise edition” eh ketemunya malah blog mu Rif… apa kabar Rif? Ternyata walau udah jadi Consultant Axapta tapi masi kangen ama CRM toh hehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: