NFP merah, tapi kok USD menguat lagi ya ?

5 01 2008

Seorang teman membaca berita NFP jam 1 pagi, dengan pede langsung deal EURUSD long dengan TP nggak tanggung-tanggung 100pips, well, nggak salah sih, mulai dapat 25 dia gembira, naek lagi ke 45, senang sekali, optimis bertambah, diputuskan tidur dengan harapan TP tersentuh. Besoknya ketika bangun dia kaget, lho kok, malah rugi 40pips.

Sebenarnya lumrah saja, ketika terjadi sebuah berita ekonomi dengan rating “A”, umumnya 1 jam sebelumnya market akan lebih bersifat menunggu dan dipenuhi spekulasi, harga akan bergerak sangat tidak berpola sebelum berita direlease. Ketika reading telah dilaksanakan, hingga mungkin sekitar 2 jam setelahnya, akan terjadi lonjakan harga yang cukup signifikan di market, hal ini dipicu oleh hasil reading, yang akan memberikan terapi arah sesaat kepada pasar, sehingga terjadi aksi profit taking yang akan menggerakan pasar ke satu arah tertentu. Setelah pasar mengalami masa profit taking, liquiditas akan kembali normal, pergerakan akan kembali didominasi oleh perhitungan yang didasarkan pada analisa teknikal, nah pada saat inilah, trader yang melakukan analisa pada masa yang lebih pendek, misal 1M – 30M akan melihat trend overbough/oversold pada analisa mereka, dan umumnya ini akan mentrigger kondisi reversal hingga akhirnya kembali pada titik normal yang sesungguhnya.

Jadi, apabila anda menghadapi pasar yang akan mendapat berita rating “A”, lebih baik anda bersiap-siap paling tidak 1-2 jam sebelum dan 1-2 jam sesudahnya untuk mengatur deal anda, atau jauhilah market pada saat-saat tersebut …. kecuali anda memiliki kemampuan meramal yang sangat akurat 😛

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: